Siaga Pandemi Covid-19 Diperpanjang: PNP Siap Gelar Sidang TA Daring

Siaga Pandemi Covid-19 Diperpanjang: PNP Siap Gelar Sidang TA Daring

 

 PNP News. Pelaksanaan Kuliah Daring/Online bagi mahasiswa Politeknik Negeri Padang yang direncanakan 17-27 Maret 2020 diperpanjang hingga 29 Mei 2020. Selain itu, ujian tengah semester dan ujian akhir semester juga dilaksanakan secara daring, bahkan sidang tugas akhir bagi mahasiswa yang berencana wisuda Oktober 2020 diharapkan juga bisa dilaksanakan secara daring jika siaga pandemi Covid-19 diperpanjang.

 

Kebijakan Direktur PNP yang ditujukan untuk dosen, tenaga kependidikan dan mahasiwa itu tertuang dalam Surat Edaran Direktur PNP Nomor 4/PL9/HK/2020 yang diberlakukan mulai 13 April 2020. Surat Edaran Direktur yang mengacu pada Surat Edaran Menpan-RB Nomor 34 itu baru saja siap digodok dalam Rapat Pimpinan, Rabu, 8 April 2020.

Menurut Wakil Direktur 1, Revalin Herdianto, perkembangan pelaksanaan pembelajaran daring akan dimonitor minimal sekali dua minggu. Selanjutnya mahasiswa kembali aktif di kampus untuk mengikuti mata kuliah praktik yang tertunda, mulai 1 Juni- 7 Agustus 2020 melihat situasi dan kondisi dampak Pandemi Covid-19.

 

Seluruh Ujian Daring Tetap Dalam Pengawasan

Direktur Surfa Yondri yang memimpin rapat tersebut menekankan, Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester dilaksanakan secara online dan tetap dalam pengawasan dosen yang mengampu matakuliah tersebut secara ketat dan dikoordinasikan dengan Ketua Jurusan dan Koordinator Program Studi. Seperti halnya sebagian besar peserta rapat, Wakil Direktur 3 Junaldi sangat menyadari, pandemi Covid-19 ini membuat mahasiswa mengalami kesulitan dalam pengambilan data primer untuk penulisan Tugas Akhir. Sebagian mahasiswa yang ujiannya membuat alat sampai sekarang bahkan belum berhasil membeli komponen, terang Junaldi prihatin. Sehubungan dengan itu peserta rapat sepakat tugas akhir diganti dengan penulisan artikel ilmiah, pemodelan, simulasi, atau metode lain yang di… Read more

Peserta rapat juga menyepakati metode evaluasi Praktek Kerja Lapangan dilaksanakan sesuai arahan Ketua Jurusan dan Koordinator Program Studi masing-masing dan selama pelaksanaan bekerja dari rumah ( work from home ) bagi dosen dan tenaga kependidikan, pembelajaran daring dimonitor minimal sekali dua pekan.

Khusus untuk petugas keamanan, menurut Wakil Ditektur 2 Anton, mereka tetap bekerja seperti biasa dengan memperhatikan aspek kesehatan masing-masing. Sehubungan dengan itu, usai rapat digelar penyerahan sekitar 100 unit sembako secara simbolis dalam rangka siaga pandemi Covid-19 dari pimpinan PNP kepada satpam, supir, pegawai rumah tangga, CS taman dan CS gedung, dan tenaga administrasi honorer di lingkungan PNP. Petugas keamanan juga diinstruksikan membatasi akses keluar masuk kampus PNP dalam masa KLB-Covid-19.

Ketua Senat PNP, H.A. Mooduto yang mengikuti rapat tersebut hingga selesai mengamanatkan agar seluruh kebijakan yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar yang diambil oleh pimpinan, tidak saja berdasarkan surat edaran tapi juga diperkuat dengan peraturan dan SOP sebagai legalitas.

Terakhir, Direktur menghimbau seluruh warga PNP untuk tetap menjaga kebersihan, melakukan protokol isolasi diri sesuai dengan edaran Kementerian Kesehatan nomor HK.02.01/Menkes/202/2020 tentang “Protokol Isolasi Diri Sendiri dalam Penanganan Covid-19” serta terus bahu membahu menghentikan penyebaran, mengedukasi masyarakat akan bahaya virus dan meringankan beban masyarakat yang terdampak.

d®amlis